Cara Memasak Makanan Sehat Untuk Menjaga Kandungan Nutrisi Makanan

Kategori │Kesehatan

Makanan merupakan kebutuhan primer manusia yang harus terpenuhi. Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak yang sangat besar untuk sehat atau tidaknya tubuh kita dan makanan harus dimasak terlebih dahulu. Penting bagi kita untuk mengetahui cara memasak makanan sehat. Kualitas dari nutrisi yang terkandung pada makanan bermacam-macam, tetapi penting juga untuk mengetahui cara mengolah makanan yang bernutrisi tersebut. Untuk memberikan nutrisi lengkap untuk tubuh kita, ada beberapa cara memasak makanan yang tepat untuk mencegah kehilangan nutrisi.


Cara memasak makanan sehat dapat dilakukan dengan hal-hal berikut ini :

1. Cucilah bahan-bahan masakan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih

Bahan-bahan masakan biasanya masih mengandung kuman, bakteri, dan bahkan residu pestisida yang menempel. Bakteri dan kuman sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Apa pun bahan masakannya harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak.

2. Jangan memasak sayuran sampai terlalu matang

Tidak selalu memasak makanan harus sampai terlalu matang. Sayuran yang dimasak terlalu matang dapat menghilangkan nutrisi-nutrisi di sayur tersebut. Sayuran sebenarnya merupakan makanan sehat, tetapi kebanyakan ibu rumah tangga memasak semua sayuran sampai benar-benar matang. Jangan sampai sayuran sehat menjadi tidak sehat lagi untuk dikonsumsi keluarga anda.

3. Memasak makanan dari protein hewani sampai matang sempurna

Kebalikan dari memasak sayuran yang jangan sampai terlalu matang, untuk makanan yang berasal dari protein hewani harus dimasak sampai matang sempurna. Makanan protein hewani dapat berupa telur atau daging. Banyak orang yang menggemari telur setengah matang, tetapi hal tersebut malah bisa mendatangkan penyakit. Daging atau telur yang dimasak tidak sampai matang sempurna maka berpotensi membiarkan bakteri yang berbahaya jika tidak mati ketika dimasak setengah matang.

4. Hindari menyalakan api terlalu besar atau suhu yang panas pada saat memasak makanan

Banyak jenis makanan yang jika anda memasaknya dengan api yang terlalu besar, maka kandungan nutrisi penting pada makanan itu akan rusak. Nutrisi dalam makanan sangat penting, karena nutrisi merupakan manfaat kita mengonsumsi makanan selain membuat kita kenyang.

Cara memasak makanan sehat perlu dipahami agar makanan kita tetap bernutrisi setelah dimasak. Nutrisi dari makanan yang kita konsumsi diperlukan untuk kesehatan tubuh.



  •