Daftar Makanan Untuk Diet Secara Sehat Dan Alami

Kategori │Kesehatan

Banyak makanan yang direkomendasikan untuk keperluan diet. Makanan untuk diet harus mengandung nutrisi untuk tubuh anda. Anda juga harus tahu cara memasak untuk menjaga kandungan nutrisi pada makanan tersebut agar diet anda berhasil dan anda tetap sehat. Berikut daftar makanan untuk diet.



1. Jamur

Jamur merupakan makanan yang dapat dikombinasikan dengan makanan lain. Jamur dapat mengenyangkan perut anda secara sehat. Pilihlah jamur berkualitas dengan kadar vitamin tinggi dan rendah kalori.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran lezat yang biasa disajikan dengan capcay. Brokoli dapat melepaskan lemak jenuh. Sayuran ini mungkin mempunyai harga jual yang cukup tinggi tetapi khasiatnya sangat berguna untuk kesehatan dan rasanya yang sangat lezat.

3. Buah Apel dan Pir

Buah yang satu ini dapat mengenyangkan perut anda. Buah pir atau apel mempunyai kandungan serat dan air yang tinggi. Dengan banyaknya kandungan air pada buah ini, maka dapat mengenyangkan anda dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya serat, buah pir dan apel ini kayak akan vitamin untuk kesehatan tubuh anda.

4. Buah Pisang

Buah pisang mengandung potassium, karbohidrat, dan serat yang dapat mengenyangkan perut anda. Sebaliknya dengan buah apel dan pir yang mengandung banyak air, buah favorit para monyet ini mengandung sedikit air tetapi bisa mengenyangkan.

5. Madu

Menggunakan madu sebagai salah satu bahan makanan untuk diet merupakan hal yang bagus karena madu hanya mengandung sedikit kalori dan rasanya yang manis akan mngurangi nafsu makan anda sehingga anda dapat mengendalikan diri dari godaan-godaan makanan berkalori tinggi. selain itu sudah banyak orang jual madu murni sehinga tidak sulit untuk mendapatkan madu

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga masuk ke dalam daftar makanan untuk diet. Bukan hanya daging yang dapat mengenyangkan perut kita, kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti daging. Tak hanya harganya yang jauh lebih murah, kacang bisa dimasak dalam waktu yang singkat. Kacang-kacangan dapat diolah menjadi banyak olahan makanan.

7. Buncis

Sebenarnya buncis juga termasuk ke dalam kacang-kacangan tetapi buncis lebih dikenal sebagai sayuran. Tetapi keduanya sama-sama bisa membantu program diet anda. Buncis dapat melancarkan sistem pencernaan anda dengan kandungan seratnya. Buncis dapat diolah menjadi tumis sayur yang lezat.

8. Buah jeruk

Buah yang satu ini terkenal kaya akan vitamin C yang berguna untuk kulit menjadi sehat dari dalam. Jeruk bisa menjadi makanan yang bisa membantu diet anda. Jeruk dapat membakar lemak di dalam tubuh. Buah ini rendah kalori dan tinggi serat yang dapat mengatur kadar glukosa dalam darah. Jeruk dapat dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Jus jeruk sangat digemari banyak orang karena rasanya yang asam, manis, dan kecut membuat mulut kita segar.

Itulah 8 daftar makanan untuk diet yang bisa menjadi rekomendasi buat anda yang ingin memulai diet.




  •  

    Cara Memasak Makanan Sehat Untuk Menjaga Kandungan Nutrisi Makanan

    Kategori │Kesehatan

    Makanan merupakan kebutuhan primer manusia yang harus terpenuhi. Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak yang sangat besar untuk sehat atau tidaknya tubuh kita dan makanan harus dimasak terlebih dahulu. Penting bagi kita untuk mengetahui cara memasak makanan sehat. Kualitas dari nutrisi yang terkandung pada makanan bermacam-macam, tetapi penting juga untuk mengetahui cara mengolah makanan yang bernutrisi tersebut. Untuk memberikan nutrisi lengkap untuk tubuh kita, ada beberapa cara memasak makanan yang tepat untuk mencegah kehilangan nutrisi.


    Cara memasak makanan sehat dapat dilakukan dengan hal-hal berikut ini :

    1. Cucilah bahan-bahan masakan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih

    Bahan-bahan masakan biasanya masih mengandung kuman, bakteri, dan bahkan residu pestisida yang menempel. Bakteri dan kuman sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Apa pun bahan masakannya harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak.

    2. Jangan memasak sayuran sampai terlalu matang

    Tidak selalu memasak makanan harus sampai terlalu matang. Sayuran yang dimasak terlalu matang dapat menghilangkan nutrisi-nutrisi di sayur tersebut. Sayuran sebenarnya merupakan makanan sehat, tetapi kebanyakan ibu rumah tangga memasak semua sayuran sampai benar-benar matang. Jangan sampai sayuran sehat menjadi tidak sehat lagi untuk dikonsumsi keluarga anda.

    3. Memasak makanan dari protein hewani sampai matang sempurna

    Kebalikan dari memasak sayuran yang jangan sampai terlalu matang, untuk makanan yang berasal dari protein hewani harus dimasak sampai matang sempurna. Makanan protein hewani dapat berupa telur atau daging. Banyak orang yang menggemari telur setengah matang, tetapi hal tersebut malah bisa mendatangkan penyakit. Daging atau telur yang dimasak tidak sampai matang sempurna maka berpotensi membiarkan bakteri yang berbahaya jika tidak mati ketika dimasak setengah matang.

    4. Hindari menyalakan api terlalu besar atau suhu yang panas pada saat memasak makanan

    Banyak jenis makanan yang jika anda memasaknya dengan api yang terlalu besar, maka kandungan nutrisi penting pada makanan itu akan rusak. Nutrisi dalam makanan sangat penting, karena nutrisi merupakan manfaat kita mengonsumsi makanan selain membuat kita kenyang.

    Cara memasak makanan sehat perlu dipahami agar makanan kita tetap bernutrisi setelah dimasak. Nutrisi dari makanan yang kita konsumsi diperlukan untuk kesehatan tubuh.



  •  

    Tips Untuk Mensukseskan Diet Sehat Langsing

    Kategori │Kesehatan

    Banyak orang menginginkan tubuh yang ideal karena dapat meningkatkan penampilan. Berbagai tips diet sehat langsing banyak disediakan dari berbagai media. Diet menjadi suatu rutinitas kebutuhan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Berikut tips diet untuk anda.



    1. Makan 5 kali sehari

    Mungkin banyak dari anda yang heran dan bertanya-tanya, karena biasanya orang cukup makan 3 kali sehari. Yang dimaksud makan 5 kali sehari disini adalah makan teratur dengan porsi di bawah porsi biasanya. Makan 5 kali teratur dengan porsi tidak berlebihan lebih sehat dibanding makan 3 kali dengan porsi yang banyak. Makan 5 kali sehari ini harus selektif juga terhadap nutrisi dari makanan yang dipilih. Dengan menerapkan makan 5 kali ini akan memperbaiki proses metabolisme anda dan dapat mengurangi berat badan juga. Selain itu anda juga harus mengetahui daftar makanan untuk diet sehat agar anda tidak binggung memilih makanan yang akan anda makan saat diet.

    2. Minum air lebih banyak

    Air juga dapat membuat anda kenyang perut dan kenyang lidah. Hal yang membuat anda lapar tidak hanya berasal dari kosongnya lambung anda, tetapi juga dari lidah kita yang kadang-kadang ingin mencicipi berbagai masakan. Dengan meminum banyak air saat hanya memakan makanan dengan porsi sedikit akan mengenyangkan perut kita. Minumlah air sebanyak 8 gelas per hari, atau juga bisa lebih.

    3. Rajin mengonsumsi buah-buahan

    Selalu sediakan buah-buahan di tiap kegiatan anda agar anda dapat mengenyangkan perut anda ketika lapar. Sediakan buah pisang atau apel yang dapat cepat mengenyangkan perut anda. Jangan lebih memilih jajanan sebagai pengisi perut anda. Jangan terlalu memaksa menahan lapar saat melakukan diet sehat dan langsing, karena nantinya sekalinya anda makan maka anda akan mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar.

    4. Hindari minuman berkalori, dan atur porsi kue atau cokelat

    Memakan cokelat boleh saja tetapi atur porsinya kalau perlu buat jadwalnya, karena snack yang satu ini tinggi kalori. Kalori tidak hanya berasal dari makanan seperti cokelat dan kue, tetapi juga berasal dari minuman. Minuman bersoda, jus kalengan, bir, dan minuman cokelat mengandung banyak glukosa dan kalori tentunya.
    Demikian tips diet sehat dan langsing, semoga bermanfaat buat anda.



  •  

    6 Makanan Bayi Sehat untuk umur 6-12 bulan

    Kategori │Kesehatan

    Bayi membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembang mereka. Jika anda mempunyai bayi yang usianya sudah 6 bulan atau lebih maka saatnya untuk mencoba makanan bayi sehat. Orang tua harus memahami kandungan nutrisi sehat pada menu makanan buah hati. Dengan menyediakan makanan sehat akan membuat anak kita lebih paham dan lebih sering mengonsumsi makanan sehat. Setelah melahirkan anda akan merasa bertambah gemuk anda dapat melakukan diet setelah melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh anda kembali seperti sebelum melahirkan.



    Bayi biasanya ingin mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Biasanya bayi tidak ingin meneruskan makanan karena bosan dengan makanan tersebut. Terdapat makanan bernutrisi yang tentunya cocok untuk dimakan oleh bayi anda. Berilah makanan bayi sehat satu jenis di bawah ini pada sekitar 2 atau 3 hari, dan gantilah untuk menu makanan yang berbeda. Memberi makanan yang sama pada waktu 3 hari, memudahkan kita untuk mengetahui apakah bayi kita terkena alergi pada makanan tertentu apa tidak.

    1. Alpukat

    Alpukat sudah banyak dipakai ibu-ibu sebagai pangan bayi. Alpukat mengandung lemak yang tidak jenuh serupa ASI. Lemak tidak jenuh baik untuk perubahan dan pengembangan otak. Campur alpukat yang ditumbuk dengan apel atau krim keju.

    2. Sayuran dengan daun hijau tua

    Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sayuran merupakan bahan makanan yang sangat bergizi tinggi. Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi folat dan zat besi yang bisa digabung dengan makanan bayi lain seperti bubur bayi. Sayuran daun hijau tua dapat berupa bayam, lobak, brokoli, selada dan kangkung. Haluskan sayur lalu campur dengan bubur.

    3. Labu

    Labu kaya akan vitamin C dan vitamin A. Dengan kandungan rasa manis alami dan tekstur lembut, bayi akan menyukainya.

    4. Lentil

    Lentil merupakan sejenis kacang-kacangan bergizi. Lentil memiliki kandungan protein dan serat.

    5. Blueberry

    Blueberry mengandung zat flavonoid yang disebut juga anthocyanin. Zat ini sangat baik untuk kesehatan mata, saluran kemih, dan otak bayi anda.

    6. Jeruk Mandarin

    Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga terdapat kandungan antioksidan.
    Dengan berbagai macam makanan sehat yang ada, tidak ada ruginya untuk mengenalkan bayi anda makanan bayi sehat.




  •  

    Diet Setelah Melahirkan Untuk Mengembalikan Tubuh Ideal Anda

    Kategori │Kesehatan

    Penampilan menjadi hal yang harus selalu dijaga khususnya wanita. Penampilan tubuh yang cukup diperhatikan yaitu bagian perut. Perut yang langsing menjadi idaman para wanita. Bagi wanita yang baru saja melahirkan, tentunya akan membentuk tubuh yang tidak ideal. Untuk itu ada beberapa tips diet setelah melahirkan yang dapat dicoba. Selain tubuh kita yang rendah lemak, tubuh langsing dapat meningkatkan kecantikan tubuh. Dengan perut yang langsing juga dapat memudahkan kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jika memang setelah melahirkan perut kita tidak langsing kembali, apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan perut langsing kita. Tips diet sehat juga sangat dibutuh kan untuk memkasimalkan diet anda.



    Asuhlah bayi anda sendiri tanpa bantuan baby sitter. Hal ini membuat anda lebih banyak beraktivitas untuk mengasuh bayi. Kegiatan mengasuh bayi cukup banyak seperti menggendong bayi, mengganti popok bayi, menidurkan bayi, memandikan bayi, dan aktivitas lain dalam mengasuh bayi yang tentunya membutuhkan tenaga. Dengan banyaknya kegiatan ini, bisa menjadi tahap diet setelah melahirkan yang dapat membuat perut anda langsing kembali secara alami. Yang kedua adalah menyusui bayi, selain dapat menyehatkan untuk bayi anda karena bayi dapat mendapatkan nutrisi, menyusui bayi juga dapat membuat anda langsing kembali. Mungkin ini banyak dipertanyakan, tetapi ini memang benar adanya karena saat anda memberikan ASI maka timbunan lemak dalam tubuh kita berkurang drastis. Lemak dalam tubuh kita yang tersimpan akan diproduksi menjadi ASI yang menjadi nutrisi untuk bayi anda.


    Olahraga ringan seperti naik turun tangga juga dapat melangsingkan kembali tubuh anda. Naik turun tangga dapat membakar lemak dalam tubuh. Selain membakar lemak, naik turun tangga juga dapat membentuk otot kaki, perut, dan paha anda. Latihan pernafasan dan peregangan dengan melakukan yoga juga dapat melangsingkan tubuh anda. Gunakan matras empuk sebagai alasnya dan anda bisa melakukan yoga dengan ditemani bayi anda. Ajak bayi anda tertawa karena hal ini bisa membuat pikiran stres hilang. Olahraga lain yang dapat dilakukan yaitu berenang. Berenang menjadi menyenangkan saat bersama keluarga tersayang. Aktivitas berenang secara rutin merupakan cara diet setelah melahirkan juga yang dapat membuat tubuh anda langsing.




  •